Pricebook Editorial Choice 2021: Temukan Perangkat Tepat untuk Kebutuhan yang Serba Cepat

Perangkat apa sajakah yang mendapat predikat "terbaik" di tahun 2021 ini?

0
1114
Editorial Choice Pricebook 2021

Di dunia yang serba cepat, kita perlu berbagai perangkat yang tepat supaya tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi mutakhir. Mungkin di 10 tahun yang lalu, perangkat dengan fitur bluetooth merupakan perangkat idaman. Namun, kini tidak lagi.

Misalnya saja untuk kapasitas RAM, kalau untuk beberapa tahun yang lalu, RAM 2 GB tidak masalah. Namun, karena perkembangan teknologi yang membutuhkan RAM lebih tinggi, misalnya saja untuk augmented reality maupun virtual reality, maka kita membutuhkan perangkat dengan RAM yang lebih tinggi.

Belum lagi dengan fitur-fitur terbaru seperti NFC, penyimpanan data cloud, streaming musik dan film, dan berbagai perkembangan teknologi lainnya yang menganjurkan kita untuk mengupdate perangkat yang kita miliki agar tidak ketinggalan teknologi.

Akan tetapi, pertumbuhan penjualan perangkat memiliki tren yang terus turun. Misalnya saja penjualan smartphone yang pada tahun 2020 di quartal ketiga mampu terjual 365,6 juta unit, pada tahun 2021 di quartal ketiga hanya mampu terjual sebanyak 342 juta unit. Itu untuk penjualan smartphone secara global. Kalau di Indonesia, terjadi penurunan 6% (laporan lembaga survey Counterpoint).

Mengapa terjadi penurunan padahal kebutuhan akan teknologi terkini seharusnya meningkat? Itu karena datangnya pandemi Covid19 yang membuat pasaran di semua sektor menjadi lesu, salah satunya di sektor gadget. Para calon pembeli menjadi semakin selektif dalam mengeluarkan uangnya supaya hanya barang yang benar-benar memiliki value yang akan mereka beli. Maka, perlu adanya suatu acuan bagi calon pembeli agar dapat memilih barang yang tepat.

Itulah alasan mengapa Pricebook mengeluarkan Pricebook Editorial Choice yang merupakan suatu ulasan setiap tahunnya untuk melihat seberapa worth it suatu barang teknologi. Terutama pada tahun ini, dengan begitu tingginya sikap selektif dari para calon pembeli, maka Pricebook mengeluarkan Pricebook Editorial Choice 2021.

Pricebook editorial choice

Pricebook Editorial Choice 2021 ini berisi dengan berbagai rekomendasi barang-barang teknologi sehingga akan semakin memudahkan calon pembeli untuk menemukan barang-barang yang sesuai dengan keinginannya, dengan harga terjangkau. Kategori-kategori Pricebook Editorial Choice 2021 ini adalah Best Value Smartphone, Best Value Wearable Device, Best Value Laptop, Best Value Brand, dan Price to Quality Brand.

Best Value Smartphone

Best value smartphone

Pada Best Value Smartphone, Pricebook memberi penilaian smartphone terbaik dari berbagai aspek; desain, ketahanan, dan pencarian favorit. Sehingga, hasil yang akan ditampilkan nantinya bukan hanya dari segi desainnya atau dari segi teknologinya, melainkan penilaian secara menyeluruh.

Dikarenakan fokus Pricebook Editorial Choice 2021 ini adalah pada harga yang ditawarkan, maka Pricebook memberikan kategorisasi best value smartphone ini dari berbagai harga, yaitu harga 1 jutaan, harga 2 jutaan, harga 3 jutaan, dan best value smartphone high performance.

Best Value Wearable Device

Untuk best value wearable device, tak hanya dilihat dari kecanggihan teknologi yang dimilikinya, melainkan dilihat juga dari harga yang ditawarkan dan desain yang memikat calon pembeli. Untuk kategori best value wearable device ini, terbagi menjadi dua kategori yaitu Best Value Smartwatch dan Best Value Smartband.

Untuk best value smartwatch, jatuh kepada realme Watch 2 Pro.

Best value smartwatch

Sedangkan, untuk best value smartband, jatuh kepada Mi Smart Band 6. Perangkat tersebut, selain unggul dari segi spesifikasi, unggul pula dalam aspek desain dan harga yang bersaing. Didukung pula dengan Sertifikasi 5ATM Water Resistant sehingga menjadikan smartband ini cocok untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Best Value Laptop

Untuk best value laptop, yang menjadi penilaian adalah laptop-laptop dengan harga sekitar 6 juta dan memiliki fitur-fitur yang tepat untuk kegiatan belajar dan bekerja.

Untuk best value laptop di tahun 2021 ini jatuh kepada RedmiBook 15 yang menghadirkan spesifikasi terbaik yaitu layar 15.6 inch FHD, prosesor intel gen-11, RAM 8GB, SSD 256GB, fitur Anti-Glare, DC Dimming yang flicker-free, kelengkapan port, webcam dengan resolusi 720HD, dual speaker stereo 2 watt yang jernih, dan kemampuan fast charging 65W.

Best value laptop

Kehadiran layar 15.6 inch menjadikan pekerjaan di depan laptop akan menjadi nyaman karena layar yang lebar. Ditambah pula fitur anti-glare yang mengurangi efek refleksi pada layar, plus DC dimming flicker-free yang membuat mata terasa nyaman walaupun menggunakan laptop pada waktu yang lama.

RAM 8 GB membuat segala aplikasi yang dikerjakan akan menjadi cepat terutama bagi para developer dan content creator YouTube yang menjadikan besarnya RAM sebagai kewajiban nomor 1 bagi laptop/PC yang mereka miliki. Aku pun juga merasakan ketika membuat aplikasi Android menggunakan RAM 2 GB akan terasa sangat lambat dan proses build menjadi aplikasi Android yang sangat lama. Tapi, akan beda ceritanya jika menggunakan RAM 8 GB.

Kehadiran SSD sebagai pengganti harddisk sangatlah disarankan terutama untuk meletakkan kandar C:. Kalau untuk D:, nggak masalah jika menggunakan harddisk. Tapi, kalau C:, memang sangat direkomendasikan menggunakan SSD untuk proses kinerja aplikasi yang sangat cepat.

Best Value Brand

Best value brand yang dimaksud adalah brand-brand yang memiliki value terbaik dari berbagai sisi yaitu Best Value SmartTV Brand, Best IoT, Best Value ISP, Best Smart Home, dan Price to Quality Brand.

Untuk best value smartTV brand diraih oleh TCL, sedangkan best IoT diraih oleh Samsung, best value ISP diraih oleh Tri, best smart home diraih oleh Bardi, dan price to quality brand diraih oleh realme.

Apa Itu Pricebook?

Pricebook adalah website yang menguji dan membahas berbagai macam perangkat, baik itu smartphone, produk IoT, TV, laptop, PC, dan sebagainya untuk menghadirkan rekomendasi bagi para penikmat teknologi.

Yang dibahas oleh Pricebook nggak cuma spesifikasinya, melainkan juga harga yang dimiliki oleh masing-masing perangkat untuk menilai apakah harga yang ditawarkan itu sesuai dengan fitur yang dimiliki. Pricebook juga membandingkan desain antarperangkat yang serupa.

Selain website, Pricebook juga dapat memiliki media sosial dan channel YouTube sehingga kamu bisa dengan mudah memperoleh rekomendasi produk IT dengan sangat mudah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini