4 Smartphone Asli Buatan Indonesia

0
1813
4 smartphone asli buatan Indonesia
4 smartphone asli buatan Indonesia

Teknologi komunikasi dan internet berkembang pesat di Indonesia sehingga kebutuhan akan gadget yang mendukung aktivitas komunikasi dan berinternet pun meningkat. Melihat fenomena ini, ada banyak sekali produk asing yang masuk ke Indonesia untuk berebut pasar, salah satunya adalah negara Tirai Bambu, China, hingga banyak gadget, terutama smartphone, yang kemudian semuanya dianggap sebagai produk China. Padahal kenyataannya, ada juga smartphone asli buatan Indonesia.

Sebelum mengulas secara lengkap mengenai smartphone asli buatan Indonesia, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui, apa saja keuntungan membeli produk smartphone lokal dibandingkan dengan smartphone dari luar negeri?

Keuntungan menggunakan smartphone lokal, atau smartphone asli buatan Indonesia, adalah harga yang jauh lebih murah karena produk diolah maupun dirakit di Indonesia, sehingga harga modal tidak kena tambahan biaya pajak impor. Banyak yang beranggapan smartphone dengan harga murah maka kualitasnya rendah. Padahal, ada banyak smartphone produksi lokal berharga murah, namun memiliki kualitas dan spesifikasi yang lebih tinggi, lengkap dengan berbagai fitur yang tak kalah dengan produk luar.

Nah, beberapa produsen smartphone tanah air pada akhirnya mengambil peluang untuk meramaikan pasar smartphone di Indonesia dan membuktikan kalau produk mereka pun punya standar internasional sehingga tak kalah dengan produk luar. Apa saja nih smartphone asli buatan Indonesia?

4 Smartphone Asli Buatan Indonesia

Mito Mobile

Pernah tahu dong smartphone Mito? Smartphone yang satu ini sempat hits banget terutama saat menjadi sponsor acara pencarian bakat sulap di salah satu stasiun televisi di Indonesia. Dua pemenang dalam acara pencarian bakat tersebut, yaitu Joe Sandy dan Limbad, kemudian menjadi brand ambassador smartphone Mito.

smartphone asli buatan Indonesia
Mito Mobile

Produsen Mito Mobile berdiri di Indonesia sejak 2006 dan sudah cukup banyak produksi smartphone untuk ikut meramaikan pasar Indonesia. Salah satu produknya yang banyak digemari adalah Mito Fantasy Note A30. Dengan menyematkan OS Android Kitkat dan dapur pacu Cortex A7 Quad Core 1.3Hz, smartphone yang satu ini tak kalah dengan smartphone sejenis yang diproduksi oleh produsen luar. Harganya yang terjangkau tak mengurangi kualitas dan fitur-fiturnya yang mumpuni. Itu makanya Mito Fantasy Note A30 cukup digemari di Indonesia.

Evercoss

Produsen smartphone asli Indonesia berikutnya adalah Evercoss yang pernah jadi produk favorit di kelasnya dan terkenal sebagai smartphone berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Memang, smartphone yang sempat dianggap pula sebagai smartphone China ini menyasar pangsa pasar menengah bawah di Indonesia. Tetapi aslinya, smartphone Evercoss bukan buatan China, melainkan buatan Indonesia karena bahan bakunya sebagian besar dari Indonesia (hanya beberapa komponen yang masih didatangkan dari China dan Jerman) dan dirakit pun di Indonesia.

smartphone asli buatan Indonesia
Smartphone Asli Buatan Indonesia Evercoss

Salah satu tipe smartphone Evercoss yang pernah naik daun dan sempat jadi produk unggulan para pengguna smartphone di Indonesia adalah Elevate Y2 Power yang memiliki daya tahan baterai mampu bertahan selama 4 hari dalam keadaan standby, layar bening dan telah dilengkapi dua kamera, yaitu kamera depan 8MP dan kamera belakang 13MP. Bahkan Evercoss ini pernah pula dinobatkan sebagai smartphone asli buatan Indonesia yang kualitasnya kelas internasional.

Advan

Smartphone Advan adalah salah satu smartphone asli buatan Indonesia yang menggunakan beberapa pemain FC Barcelona sebagai brand ambassador. Produsen ini berdiri sejak tahun 2000 dan telah menghasilkan cukup banyak produk, mulai dari smartphone 2G, tablet hingga laptop, yang berkualitas namun dengan harga tetap terjangkau.

smartphone asli buatan Indonesia
Advan

Salah satu produk yang digemari karena telah memiliki fitur dual SIM adalah Advan Barca i5A dengan layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan 16M color. Ukuran layar juga hanya 5 inch dan 294 ppi pixel density. Sementara untuk dapur pacunya didukung RAM 2GB, processor 64-Bit Quad core 1.0 Ghz. Kualitas produk smartphone asli buatan Indonesia yang satu ini jelas tak kalah dengan smartphone produksi luar meski harganya termasuk murah.

Himax

Produsen terakhir yang diulas pada artikel kali ini dan termasuk produsen smartphone asli buatan Indonesia adalah Himax. Produsen ini berdiri bulan Oktober 2012 di Indonesia dan sukses merebut pasar smartphone di Indonesia dengan kualitas smartphone tinggi tetapi dijual dengan harga terjangkau.

smartphone asli buatan Indonesia
Himax

Salah satu produk unggulan Himax adalah Himax Pure S yang merupakan smartphone sangat tipis yaitu 5.5mm, dan didukung dengan octa core processor dengan clock speednya hingga 1.74 Ghz. Chipset menggunakan buatan Mediatek. Masih banyak sekali fitur dan keunggulan tipe ponsel Himax Pure S ini, tapi yang paling menarik adalah layar telah menggunakan corning gorilla glass yang tahan goresan.

Itulah 4 smartphone asli buatan Indonesia. Dengan adanya keempat smartphone ini menunjukkan bahwa Indonesia tak kalah dengan negara lain dalam hal sumber daya manusia dan kemajuan teknologi. Sudah ada banyak sekali tenaga ahli di Indonesia dalam bidang teknologi yang bisa menciptakan produk asli buatan Indonesia dan produk-produknya mampu bersaingan dengan produk luar. Jadi, Anda lebih memilih produk mana nih, apakah produk asli buatan Indonesia ataukah masih memilih produk impor yang harganya lebih mahal namun kualitasnya sama saja dengan smartphone produksi dalam negeri?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini