YouTube masih menjadi media yang sangat populer di Indonesia dengan berbagai tayangan yang bervariasi dan lengkap. Siapa saja bisa mengakses YouTube sebagai salah satu pengisi waktu, untuk belajar hal baru, bahkan mencari referensi. Media ini bisa ditonton dari mana saja dan kapan saja, asal punya koneksi internet yang stabil dan cepat. Bahkan dengan nonton YouTube, kita bisa menjelajah dunia hanya dengan duduk di depan layar laptop atau ponsel. Sayangnya yang sering bikin acara nonton jadi kurang seru kalau pas nonton, malah buffering. Nah kali ini Sinyalpedia akan bagi tips nonton YouTube tanpa buffering.

Penyebab Buffering saat Nonton YouTube

Dari dulu sampai sekarang, menunggu jadi hal yang paling dibenci banyak orang. Buffering yang terjadi saat sedang asyik streaming YouTube adalah salah satu gangguan yang memaksa kita untuk menunggu, dan ini pastinya sangat mengganggu kenyamanan menonton YouTube. Memang sih, secepat apapun koneksi internet yang kita punya, namanya streaming YouTube pasti akan bertemu juga dengan yang namanya buffering.

Bagi yang belum tahu, buffering adalah sebuah proses download data sementara di storage lokal yang secara otomatis akan dihapus saat video selesai diputar atau ketika ditutup.

Udah bosan menunggu buffering berhenti? Udah bosan pas lagi asyik nonton, justru tersendat-sendat gara-gara buffering? Inilah cara mudah untuk terhindar dari masalah ini, dan kita bisa asyik streaming YouTube tanpa diganggu buffering.

Tips Nonton YouTube Tanpa Buffering

1. Gunakan Google DNS

Internet yang lambat kadang tak selalu gara-gara provider. Tapi, bisa jadi ini diakibatkan pengaturan DNS di komputer yang tak sesuai. Solusinya, kita bisa pakai DNS alternatif yang kecepatannya bisa mencapai 10x lipat.

Caranya, buka pengaturan DNS > pilih network dan internet > pilih network dan sharing center > pilih koneksi internet yang sedang kamu gunakan > pilih internet protocol version 4 (TCP/IPv4) dan klik properties > pilih use the following DNS server adress dan isi dengan alamat DNS 208.67.222.222 atau alternatif 208.67.220.220 > pilih internet protocol version 6 (TCP/IPv6) dan klik properties > isi DNS server dengan alamat 2620:0:ccc::2

2. Gunakan Ekstensi

Kita bisa download dan install ekstensi dulu untuk tahap ini. Gunanya, akan ada akses yang tetap membuat kita nyaman meski buffering menyerang. Selain itu, menggunakan ekstensi akan membuat kita jadi lebih nyaman saat streaming YouTube sesuai kecepatan internet yang kita miliki.

3. Sesuaikan dengan Resolusi Layar

Kualitas video di YouTube juga akan mempengaruhi proses buffering yang terjadi. Memang, proses buffering akan bergantung pada kualitas videonya. Rata-rata di Indonesia kalau mau lancar menggunakan kualitas 480p dengan koneksi minimal 1 Mbps. Beda lagi untuk 720p yang butuh koneksi 3 Mbps untuk bisa menikmati tayangan streaming YouTube.

4. Pakai Player HTML5

Kita juga bisa mencoba beralih ke player HTML5. Ini jadi alternatif dari flash player. HTML5 ini cuma memakai sedikit memori dan juga punya dukungan media lain, seperti ponsel dan juga tablet. Untuk menggunakannya, cukup klik YouTube HTML5 video player, dan klik link join the HTML 5.

Kendali saat menonton YouTube sepenuhnya ada di tangan kita. Nah, manfaatkan kendali yang ada di tangan untuk lepas dari buffering yang cukup lama. Empat cara di atas bisa membantu kita terlepas dari kemungkinan terjadinya buffering saat streaming YouTube. Lakukan sekarang, dan ucapkan selamat tinggal dari buffering yang cukup lama. Nonton YouTube, sekarang jadi lebih asyik!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here