Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Website dan Blog

0
683
hosting dan domain terbaik

Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Website dan Blog – Karena hosting ini sangat menentukan bagaimana kinerja website Anda bekerja. Jika hosting berkualitas buruk, membuat situs web lambat untuk diakses atau bahkan tidak dapat diakses sama sekali.

Bagi anda yang belum tahu, hosting merupakan tempat untuk menyimpan file pada sebuah website. Bisa berupa teks, gambar, video, dokumen, email, dan masih banyak lainnya. Jika diibaratkan laptop atau komputer, maka Hosting Terbaik adalah harddisk.

Tips Memilih Hosting untuk Website Anda

Saat ingin membuat website, selain domain hosting juga dibutuhkan. Biasanya provider melayani hosting dan domain dalam satu paket. Seorang pemula mungkin bingung memilih hosting yang tepat untuk situs web mereka. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips bagaimana memilih hosting yang benar-benar berkualitas agar tidak mengganggu pengunjung. Apa itu?

Beli di Tempat Resmi

Jika Anda pernah mendapatkan tawaran untuk membeli hosting dengan harga murah di grup facebook, sebaiknya jangan berikan. Tapi beli di perusahaan resmi yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau yang sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Membeli hosting di perusahaan resmi dapat memberikan rasa aman sehingga sangat kecil kemungkinan Anda tertipu. Selain itu, perusahaan resmi juga memberikan dukungan total

Sesuaikan dengan Situs Web

Sebelum Anda membeli hosting, ketahui terlebih dahulu website seperti apa yang ingin Anda buat. Apakah hanya berisi teks? Banyak gambar? Atau dalam bentuk streaming online? Karena berbagai jenis situs web memiliki kebutuhan hosting yang berbeda. Misalnya, situs web yang hanya berisi artikel sebenarnya tidak perlu menggunakan hosting berspesifikasi tinggi. Dengan spek low atau medium tidak masalah, kalau penuh di tengah jalan tinggal upgrade saja.

Ketahui Kualitas Server

Karena kualitas server yang buruk membuat website sulit diakses sehingga tidak terlihat online. Jika itu terjadi, tentunya pemilik website akan merugi karena berpotensi kehilangan pengunjung atau calon pembeli (untuk website bisnis).

Selain itu, lokasi server juga penting dan harus diperhatikan. Jika Anda menargetkan pengunjung dari Indonesia, maka pilihlah hosting dengan lokasi server di Indonesia agar masyarakat Indonesia dapat mengakses website lebih cepat. Sedangkan jika targetnya di luar negeri, Anda bisa memilih hosting yang berlokasi di server di Singapura atau Amerika

Kenali Sistem Keamanannya

Layaknya sebuah rumah, keamanan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Begitu juga dengan sebuah hosting. Akan lebih baik jika Anda membeli hosting di perusahaan yang dapat memberikan keamanan dan perlindungan website dari serangan berbahaya. Jangan sampai website Anda mudah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab hanya karena sistem keamanannya yang sangat lemah.

Pilih Salah Satu Yang Memiliki Fitur Upgrade

Hosting memiliki kapasitas, ada yang hanya 500 MB atau 2 GB dan ada pula yang di atas 16 GB. Semakin besar kapasitasnya, semakin banyak pula file dan pengunjung yang dapat ditampung. Dalam mengelola website, ada kalanya banyak sekali kunjungan yang harus Anda upgrade. Oleh karena itu, sebaiknya pilih penyedia hosting yang memiliki layanan upgrade. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut lagi jika suatu saat website Anda banyak pengunjungnya.

Pertimbangkan Memilih Domain Addon

Jika ingin membuat lebih dari satu website, pertimbangkan untuk memilih penyedia hosting yang memiliki fitur addon domain. Artinya, setelah Anda membeli hosting dan juga mendapatkan domain, Anda dapat menambahkan yang kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya.

layanan pada hosting terbaik

Jenis Layanan hosting web

Berikut ini adalah jenis layanan hosting yang dibedakan berdasarkan hak akses server hosting dan cara sumber daya komputer server digunakan:

Shared hosting

Shared hosting adalah layanan hosting siap pakai yang menggunakan satu komputer server untuk berbagi dengan beberapa pengguna lain untuk menjalankan situs web. Shared hosting ibarat menyewa rumah untuk ditempati oleh beberapa orang. Shared hosting adalah hosting termurah dan paling banyak digunakan. Hosting bersama cocok untuk pemula, untuk menjalankan situs web dengan sedikit pengunjung atau situs web yang membutuhkan sumber daya kecil.

Baca juga : apa itu SSL

Cloud hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting siap pakai dengan menggunakan teknologi cloud computing, untuk menghubungkan beberapa komputer server untuk menjalankan sebuah website. Berbeda dengan shared hosting yang hanya menggunakan satu komputer server, cloud hosting menggunakan beberapa komputer server yang saling terhubung.

Cloud hosting adalah layanan hosting dengan waktu henti yang sangat kecil. karena setiap server cloud hosting ditempatkan di lokasi yang berbeda bahkan di negara yang berbeda. Cloud hosting cocok untuk mengembangkan web bisnis. Karena layanan cloud hosting akan dibedakan berdasarkan resource yang disediakan.

Hosting VPS

VPS (Virtual Private Server) Hosting adalah layanan hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi, yang memungkinkan beberapa sistem server berjalan pada satu perangkat server secara bersamaan.Begitu pun dengan VPS, Anda tetap berbagi satu perangkat server untuk beberapa pengguna. Namun, pembagian sumber daya server sudah diperbaiki, sehingga Anda akan mendapatkan sumber daya pribadi.

Demikian pembahasan mengenai tips memilih Hosting Terbaik untuk website dan blog, semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini