Bahan Alami untuk Vitamin Rambut

0
870
vitamin rambut

Anda bisa menjaga kesehatan rambut dengan mengonsumsi makanan bergizi karena rambut merupakan mahkota dari manusia, terlebih bila itu seorang wanita. Keindahan nan memukau dari rambut wanita apabila dijaga dengan baik. Selain itu konsumsi vitamin rambut sebagai suplemen juga direkomendasikan.

Selain memenuhi kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh rambut, mengonsumsi makanan bergizi juga lebih aman dan sehat untuk seluruh tubuh. Suplemen vitamin rambut tak hanya didapatkan dari bahan-bahan campuran kimia, namun dapat juga diperoleh dari bahan-bahan alami.

Vitamin pada rambut secara alami bisa didapatkan dari makanan yang Anda makan. Jika Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B, C dan D, omega-3, zat besi, protein, karbohidrat dan zinc, maka rambut Anda akan menjadi sehat.

rambut yang sehat akan menigktakan percaya diri

Bahan Alami untuk Vitamin Rambut

Vitamin B dan D merupakan dua nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut, salah satu ciri rambut yang sehat dapat dilihat dari pertumbuhannya.

  • Vitamin B
    Perannya adalah mengatur sistem saraf pusat dan metabolisme manusia, vitamin B juga penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin B12, niasin dan biotin dapat membantu menjaga kekuatan rambut.
  • Vitamin D
    Menjaga kesehatan tulang dan kulit, serta berperan dalam mendukung pertumbuhan rambut adalah khasiat dari vitamin D. Vitamin D dapat mendukung pembentukan folikel atau pori rambut baru untuk pertumbuhan helai rambut.Sesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan rambut, vitamin D sebaiknya dikonsumsi sebagai suplemen. Ini karena vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang sulit dikeluarkan dari tubuh.

    Kenapa? Kadar vitamin D yang tinggi dapat menyebabkan penyerapan kalsium yang berlebihan. Kemudian, kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan kadar kalsium dalam darah yang dapat menyebabkan masalah pada ginjal.

Makanan yang sehat untuk vitamin rambut

Makanan yang Sehat untuk Rambut Sehat

Dibandingkan dengan suplemen, makanan alami lebih diprioritaskan. Seperti yang ditemukan dalam ikan, jus jeruk, keju, kuning telur, biji-bijian dan susu rendah lemak adalah sari dari vitamin D.

Selain itu, dengan bantuan sinar matahari pagi, tubuh manusia secara alami dapat membentuk vitamin D. Sedangkan Vitamin B12 dapat ditemukan dalam daging dan susu.

Vitamin B adalah suatu senyawa Vitamin B juga terdapat pada bayam, wortel, hati sapi, telur, kacang-kacangan, telur, susu dan kedelai.

Bahan-bahan makanan yang dapat menjadi sumber vitamin rambut, antara lain:

  • Salmon, sarden, dan makarel
    Salmon, sarden, dan makarel adalah ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak sehat yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh ini diyakini dapat membantu pertumbuhan rambut dan membuatnya berkilau. Selain itu bisa juga sebagai peningkat daya tahan tubuh yang menjaga tubuh dari penyakit.
  • Bayam
    Sayuran ini kaya akan vitamin A, beta karoten, vitamin C, zat besi, serta asam folat. Khasiat yang terdapay pada bayam dapat berperan dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan kelembapan rambut agar tidak mudah patah.
  • Ubi, wortel, labu, melon, dan mangga
    Khasiat yang terdapat pada Ubi, wortel, labu, melon, dan mangga adalah banyak terkandung antioksidan beta karoten yang dapat mencegah rambut menjadi kusam dan kering.Vitamin A yang dibentuk oleh tubuh dari beta karoten, akan merangsang kelenjar minyak pada kulit kepala untuk menjaga kelembapan rambut.
  •  

     

    Jambu biji
    Buah jambu biji sudah sangat terkenal dengan kayanya akan kandungan vitamin C. Buah yang juga dikenal sebagai guava, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Sehingga, selain baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh, juga dapat mencegah rambut patah dan bercabang.

  • Sereal, sayuran hijau, hati, dan biji-bijian
    Makanan-makanan ini diperkaya zat besi, sayur berwarna hijau gelap, hati sapi, pasta, biji-bijian, dan kacang kedelai dapat mencegah kerontokan rambut, karena merupakan sumber zat besi.
  • Daging ayam
    Untuk mendapatkan cukup protein, Anda dapat mengonsumsi daging unggas, seperti ayam, yang memiliki kadar lemak jenuh lebih rendah dibandingkan daging merah. Rambut rontok dapat menyebabkan kebotakan jika pertumbuhan rambut yang baru terhenti akibat kekurangan protein.
  • Kayu manis
    Untuk mendapatkan manfaat kayu manis, Anda dapat menaburkan pada roti, kopi, atau oatmeal yang Anda konsumsi. Kayu manis dapat melancarkan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke akar rambut.
  • Telur
    Siapa tak kenal jenis makanan ini? Telur kaya akan vitamin B bernama biotin yang membantu pertumbuhan rambut. Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsi telur, karena yang sifatnya berlebih itu sangat tak baik, terutama untuk tubuh.

Perawatan rambut berkala

Setelah mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan vitamin rambut, jangan lupa merawat kesehatan rambut dari luar dengan baik. Ini dapat dilakukan dengan keramas secara rutin menggunakan sampo dan kondisioner yang tepat sesuai dengan jenis rambut Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini