Penyebab, Gejala, dan Pencegahan Penyakit Diabetes

0
894
tanda sakit diabetes

Penyakit kencing manis atau biasa dikenal dengan nama sakit gula dan bahasa trendinya adalah Diabetes, adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Ada banyak tanda sakit diabetes yang perlu diketahui oleh semua orang.

Walau glukosa merupakan salah satu sumber energi yang penting pada tubuh manusia, namun perlu dipahami dengan kondisi-kondisi tertentu agar gula darah tetap normal.

gula darah

Penyebab Penyakit Diabetes

Kadar gula darah dalam tubuh dikendalikan oleh hormon insulin. Kurangnya kadar insulin dalam tubuh inilah yang menjadi sebab penyakit diabetes.

Resistensi tubuh manusia terhadap insulin memang sangat perlu dipantau. Glukosa sebagai sumber energi harus bisa masuk kedalam sel-sel tubuh, adanya insulin sebagai mediator glukosa sangat diperlukan agar glukosa dapat dengan mudah masuk ke dalam sel.

Setelah masuk ke dalam sel, barulah glukosa dapat memberikan sumber energi dan dimetabolisme. Bila kadar insulin berkurang, maka asupan glukosa yang dikonsumsi oleh manusia tidak dapat masuk ke dalam sel sehingga glukosa tetap di dalam darah lalu menyebabkan gula darah.

Apabila kondisi ini berlangsung terus menerus, seiring berjalannya waktu akan membuat sel kelaparan, sel yang kurang sumber energi akan melemahkan tubuh dan sel-sel akan susah untuk beregenerasi.

Itulah mengapa setiap manusia untuk menjaga asupan makanan agar tak berlebih dalam memasok asupan gula, insulin dalam tubuh beregenerasi tidaklah cepat. Catatan yang sangatlah penting bila ini terjadi pada seseorang yang terkena penyakit diabetes.

Ada dua faktor yang menjadikan insulin dalam tubuh kita rendah, antara lain:

  • Faktor Genetik

Yang mana apabila Anda mempunyai orang tua pengidap diabetes maka tubuh tidak mampu memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup. Pada kondisi tertentu seperti faktor usia atau terjadi infeksi, hormon insulin bahkan bisa sama sekali tidak beregenerasi.

tanda sakit diabetes

  • Faktor Insulin tak bekerja dengan baik

Faktor ini kondisinya tubuh tetap memproduksi insulin akan tetapi tidak bekerja sebagaimana mestinya. Faktor ini biasanya terjadi saat tubuh kebal terhadap insulin, kebanyakan yang menderita faktor ini adalah orang yang mempunyai berat badan berlebihan.

Gaya hidup sehat diutamakan sebagai pelindung dari penyakit diabetes. Menjaga kadar gula darah agar tetap normal dalam batasan manusia yang sehat.

Kisaran kadar gula normal dalam darah umumnya adalah kurang dari 126 mg/dL saat puasa (sebelum makan) dan kurang dari 140 mg/dL untuk 2 jam setelah makan.

Gejala Penyakit Diabetes

Perlu diketahui semua manusia, tanda-tanda awal munculnya diabetes memang sering kali tidak terlihat. banyak sekali yang baru menyadari memiliki tanda sakit diabetes setelah mengalami komplikasi penyakit lain.

Agar gula darah tetap normal, pelajari beberapa tanda sakit diabetes:

  • Sering Merasa haus

Karena banyaknya gula dalam darah menyebabkan ginjal terbatas dalam menyerap gula, sehingga akan dikeluarkan dalam saluran urin. Tubuh yang sering mengeluarkan urin akan kekurangan cairan sehingga seseorang akan sering merasa haus.

  • Sering Merasa Lapar

Glukosa harusnya sebagai makanan untuk sel-sel dan menciptakan energi pada tubuh manusia. Semuanya harus terkendali dalam batas yang wajar, apabila berlebih maka insulin pun akan kerepotan dan tak dapat menyalurkan ke sel-sel tubuh.

Glukosa yang tidak bisa masuk ke dalam sel akan tetap berada di darah. Otomatis sel-sel tubuh akan merespon untuk minta diberikan energi. Oleh sebab itulah tubuh merespon dan merasa lapar.

  • Gatal

Penderita diabetes sering terjangkit infeksi jamur. Gejala infeksi jamur adalah gatal-gatal terutama di bagian kemaluan.

mencegah penyakit diabetes

Mencegah Diabetes

Risiko seseorang akan memiliki penyakit diabetes berdasarkan faktor genetika adalah sebesar 60%. Namun tak perlu khawatir karena hal itu dapat dicegah.

Penyakit diabetes yang masuk kategori dalam penyakit kronis ini belum ada obatnya, hanya mengurangi saja. Namun dengan kita menjalankan gaya hidup sehat, menjaga pola makan, olahraga yang teratur, menghidanri konsumsi gula-lemak-garam, kita akan terhidar dari penyakit diabetes.

Menghindari stress dan tidur yang berkualitas juga dapat mencegah penyakit diabetes. Marilah kita hidup sehat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini