Seiring pertumbuhan perusahaan, tugas HRD seperti mengelola data karyawan, memantau jam kerja, dan menjalankan penggajian juga kian bertambah. Perusahaan kecil dapat mengelola tugas-tugas tersebut dengan excel. Tetapi pada titik tertentu, Anda harus mulai mempertimbangkan bantuan untuk mengetahui ROI penggunaan aplikasi penggajian, seberapa untung ya?

Walau sudah ada outsourcing penggajian,namun biasanya biaya yang dikeluarkan perusahaan akan cukup besar. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi penggajian adalah hal yang memberikan ROI tinggi pada perusahaan Anda. Jadi, apakah software penggajian layak untuk perusahaan Anda?

Seberapa Besar ROI Aplikasi Penggajian?

Percaya atau tidak, ROI dari perangkat lunak penggajian sangat mungkin tinggi. Dalam survei State of Payroll, dari 500 responden yang berasal dari bisnis kecil, menengah dan besar tentang tantangan terbesar mereka dalam menjalankan proses penggajian, maka tugas jawaban teratas diantaranya adalah:

  • Tetap akurat dan meminimalkan kesalahan.
  • Mengefisiensikan berbagai tanggung jawab pekerjaan.
  • Menyelesaikan penggajian tepat waktu.

Maka dari itu, kehadiran aplikasi menjawab tantangan besar berbagai skala perusahaan tersebut. Berikut ini cara aplikasi gaji karyawan dapat membantu Anda mengatasi tiga masalah utama tersebut.

Cara Aplikasi Gaji Karyawan Membantu Anda Mengatasi Masalah Penggajian

1. Data Lebih Akurat dan Minim Kesalahan

Kesalahan dalam penggajian dapat berakibat fatal, termasuk denda atau sanksi yang mahal, dan juga turunnya kepuasan karyawan. Beberapa kesalahan penggajian yang paling umum yang mungkin Anda temui adalah:

  • Salah mengklasifikasikan karyawan.
  • Salah menghitung gaji.
  • Tidak ada tenggat waktu penggajian.
  • Mengabaikan formulir pajak.
  • Gagal menyimpan catatan lengkap

Pada kenyataannya, 49 persen karyawan akan mencari pekerjaan baru setelah mengalami dua kali masalah terkait gaji mereka. Menurut The Workforce Institute di Kronos, 82 juta karyawan Amerika Serikat telah mengalami kesalahan gaji. Hal ini menjadi masalah besar karena penelitian tersebut juga menyatakan bahwa 49 persen karyawan akan mulai mencari pekerjaan setelah hanya dua kali masalah terkait gaji mereka.

Selain kehilangan karyawan berharga, ketidakakuratan dan kesalahan penggajian dapat merugikan perusahaan terlebih dengan kelebihan pembayaran, maupun tenggat waktu pajak terlewat yang dapat membuat perusahaan membayar biaya keterlambatan, atau biaya hukum besar dalam skenario kasus yang terburuk.

Sementara sebagian ROI dari aplikasi penggajian berasal dari minimnya kesalahan dalam proses penggajian. Aplikasi memudahkan HR dan bagian keuangan menjalankan laporan, mengajukan pajak, mendistribusikan potongan gaji, dan masih banyak lagi, dan sebagai bonus utama, jika Anda memiliki aplikasi penggajian yang sinkron dengan sistem SDM, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan pengulangan entri data, yang menjadi sumber utama kesalahan penggajian.

Memiliki informasi seperti gaji, jam kerja, nomor rekening, dan pemotongan pajak yang diperbarui secara otomatis di kedua sistem sekaligus, membuat siapa pun yang memproses penggajian, mempunyai posibilitas nomor yang salah atau tanggal yang salah jauh lebih kecil daripada cara manual.

2. Tanggung Jawab Terbagi dengan Sempurna

Banyak profesional penggajian yang memiliki lebih banyak tugas tidak hanya sekedar pajak dan gaji. Beberapa tugas lain yang dilaporkan manajer penggajian bertanggung jawab dalam survei State of Payroll meliputi:

  • Hubungan dan tanggung jawab terhadap karyawan.
  • Recruiting dan hiring.
  • Pelatihan dan pengembangan.
  • Manajemen benefit.
  • Manajemen perusahaan.
  • Operasi.
  • Ulasan kinerja.
  • Onboarding dan offboarding.
  • Asisten pimpinan.
  • Hukum dan kepatuhan.
  • Koordinasi dinas luar kota.
  • Inisiasi budaya perusahaan

Penggajian memang penting, tapi lihat lagi; semua hal lain dalam daftar diatas juga tak kalah pentingnya. Menjalankan penggajian tanpa bantuan aplikasi membutuhkan banyak waktu, yang berarti tugas-tugas penting lainnya dapat terlupakan. Selain rentan kesalahan, menghabiskan terlalu banyak waktu untuk penggajian juga menjadi masalah utama perusahaan.

Sementara itu, aplikasi penggajian yang tepat mengotomatiskan atau menyederhanakan banyak tugas penggajian, menyisakan lebih banyak waktu untuk fokus pada inisiatif penting lainnya. Aplikasi penggajian seperti Talenta dapat menyederhanakan proses Anda hanya menjadi beberapa langkah mudah, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang pengulangan entri.

3. Gajian Karyawan Tepat Waktu

Tidak dapat menyelesaikan penggajian waktu mungkin menjadi akibat langsung daripada dua poin sebelumnya. Sulit untuk menyelesaikan penggajian tepat waktu ketika Anda mengelola proses yang kompleks, mencoba menghindari atau memperbaiki kesalahan, dan melakukan semua hal lain di daftar tugas Anda.

Selain itu, membuat laporan bisa menjadi proses yang sangat memakan waktu. Membuat Anda tidak dapat membuat keputusan penggajian strategis atau mengomunikasikan status penggajian ke perusahaan.

Sementara software penggajian yang baik dapat menangani tugas-tugas seperti pengarsipan pajak dan perhitungan lembur yang membuat proses penggajian Anda jauh lebih sederhana dan lebih cepat.

Kemudian, aplikasi penggajian juga menyajikan laporan otomatis. Daripada terus menghafal semua rumus di excel Anda atau mencoba mengetahuinya secara manual, Anda dapat dengan mudah membuat laporan yang membantu Anda memprediksi biaya tenaga kerja dan membuat keputusan berdasarkan data.

Dengan aplikasi penggajian Talenta, Anda dapat:

  • Memiliki satu sumber data terpercaya sehingga Anda merasa yakin bahwa, saat Anda melakukan pembaruan, data yang benar secara otomatis disertakan dalam daftar gaji.
  • Satu sistem untuk karyawan, memudahkan karyawan Anda untuk mengakses semua informasi penggajian, potongan pembayaran, dan poin penggajian lain langsung di aplikasi Talenta.
  • Penghematan jam kerja dengan mengurangi kebutuhan entri ganda dan penghitungan lembur otomatis.

Ingin lihat bagaimana aplikasi penggajian dapat menyederhanakan proses payroll perusahaan Anda? Coba demo gratis Talenta sekarang juga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here