4 Media Promosi Online 2020

0
1109
media promosi online
media promosi online

Media promosi online memudahkan penjualan produk di era digital ini. Banyaknya pengguna internet maka semakin tinggi juga peluang untuk mengenalkan produk dengan jangkauan yang lebih luas.

Jaringan internet memungkinkan bisnis untuk berhubungan langsung dengan target pelanggan. Pemasaran media sosial tidak mahal dan memberikan jangkauan instan ke miliaran pengguna aktif. Untuk alasan ini, media promosi online telah terbukti menjadi salah satu saluran paling efektif untuk mempromosikan produk secara online.

Namun pebisnis harus menyadari bahwa persaingan di media sosial menjadi semakin ketat. Untuk mengatasi persaingan, penting bahwa Anda memanfaatkan tren & teknik terbaru dan mempromosikan produk Anda di media sosial secara kreatif dan konsisten.

Di bawah ini adalah pilihan tren media online yang akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak prospek untuk produk Anda melalui media sosial pada tahun 2020.

Tren Media Promosi Online di Tahun 2020

1. Instagram

Instagram menjadi favorit para pebisnis saat ini. Hanya dengan upload foto dan cantumkan deskripsi menarik bisa mengundang calon pembeli. Salah satu trik agar postingan instagram dilihat oleh banyak orang adalah dengan menyertakan hashtags (#) di dalam deskripsi pada setiap postingan. Media sosial ini memiliki tampilan profil akun bisnis yang sudah tertata rapi sehingga mempermudah calon pembeli melihat daftar foto produk yang dijual.

Selain hashtags, Instagram ads yaitu media promosi berbayar milik instagram. Pengguna instagram dapat melihat iklan produk Anda melalui scroll timeline dan instastory. Sebagai penayang iklan di instagram anda harus menyiapkan video dan pintasan website toko Anda agar calon pembeli dapat menekan tombol yang langsung mengarahkan ke halaman website melalui iklan tersebut.

2. Facebook

Sejak didirikan tahun 2004, media sosial ini berkembang pesat sampai sekarang. Sama seperti instagram, untuk membuat akun baru sebuah profil bisnis di facebook dapat dilakukan secara gratis. Anda juga bisa mempromosikan produk melalui beberapa forum yang tersedia di facebook. Untuk menemukan forum yang sesuai jenis bisnis Anda, tinggal mengetik kata kunci di kolom pencarian facebook. Pilih akun dengan keterangan grup dibagian bawahnya. Terkadang beberapa grup bersifat tertutup sehingga Anda harus minta untuk bergabung terlebih dahulu.

Facebook Ads adalah layanan berbayar yang disediakan oleh facebook. Memasang iklan di timeline facebook bisa menjadi alternatif lain. Banyaknya promosi produk di berbagai platform, semakin banyak pula traffic penjualan yang Anda raih. Sebelum menggunakan facebook ads, Anda harus menyiapkan website bisnis Anda.

3. Marketplace

Marketplace adalah situs untuk memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Ibarat seperti sebuah pasar, di dalam marketplace terdapat transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Bedanya dengan pasar, di marketplace Anda tidak perlu membayar uang sewa tempat. Cukup daftar gratis, langsung bisa mengunggah produk untuk dipromosikan. Di Indonesia sudah banyak marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, hingga Lazada.

4. Youtube

Tahun 2020 bisa dibilang tahunnya youtube. Dari netizen, pebisnis, influencer, hingga artis berbondong-bondong untuk berpindah ke platform youtube. Media promosi online satu ini memiliki tampilan visual dan audio memang lebih menarik karena audiens merasa seperti diajak berinteraksi secara langsung. Tren ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk.

Langkah pertama untuk memulai promosi di youtube adalah membuat video dengan kategori sesuai bisnis Anda. Jangan lupa buat judul video harus mengandung kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna youtube. Anda bisa membuat channel youtube khusus bisnis Anda atau menyewa para influencer hingga artis untuk mempromosikan produk populer yang Anda jual.

Pintar dalam memanfaatkan media promosi online menjadi keahlian saat ini. Perbanyak ide dan inovasi untuk menciptakan konten menarik yang dapat menarik minat pembeli untuk mengembangkan bisnis Anda dan manfaatkan keberadaan internet untuk mengembangkan bisnis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini