Banyak bisnis baru yang masih ragu ingin andalkan aplikasi penggajian berbasis web atau tidak. Agar selanjutnya tidak ragu, pada artikel ini Anda akan menemukan pembahasan mengenai seputar software payroll bagi bisnis kecil atau dikenal juga dengan aplikasi penggajian karyawan.

Butuh Tidak Sih Aplikasi Penggajian Karyawan?

Hari gajian adalah momen yang dinantikan setiap orang. Namun bagi bisnis kecil, gaji jadi sumber stres dan frustasi yang cukup berat. Kenapa? Gaji itu rumit dan butuh waktu. Bahkan 20 persen pemilik usaha kecil atau UKM melaporkan bisnis mereka butuh lebih dari enam jam sebulan menangani pajak penghasilan dari setiap gaji karyawan. Beberapa lainnya menghabiskan lebih dari 10 jam per bulan, atau setara dengan tiga minggu kerja dalam setahun, yang hanya berurusan dengan penggajian.

Untungnya, kini Anda sebagai bisnis kecil dapat mengotomatisasikan penggajian. Membuat segalanya jadi lebih mudah dengan aplikasi penggajian berbasis web dari Talenta. Berikut 6 alasan kenapa Anda perlu mempertimbangkan aplikasi penggajian karyawan berbasis web walau baru saja memulai bisnis.

1. Mengurangi Biaya Operasional

Menggunakan aplikasi penggajian karyawan berbasis web yang sesuai dengan tujuan bisnis bisa sangat membantu. Apalagi bagi perusahaan yang perlu mengurangi biaya operasional. Saat memilih aplikasi, penting untuk memeriksa tingkat pekerjaan yang terlibat ketika menjalankan penggajian di bisnis Anda.

Apakah software yang Anda pertimbangkan memiliki opsi yang menguntungkan atau menyederhanakan proses penggajian Anda? Jika software yang dipilih dapat memastikan proses penggajian selesai hanya dalam beberapa klik, berarti aplikasi mampu mengurangi sumber daya yang dibutuhkan untuk memproses penggajian.

Mengurangi kebutuhan operasional seperti ini, dapat menghemat banyak uang bagi bisnis baru Anda. Memberi bisnis lebih banyak uang yang dapat diinvestasikan kembali ke perusahaan untuk pertumbuhan dan ekspansi.

2. Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Penggajian Anda

Aplikasi penggajian karyawan berbasis web yang menggunakan pendekatan ‚Äúsatu aplikasi cocok untuk semua bisnis” jarang memberikan investasi yang baik. Maksudnya, satu jenis penggajian tanpa bisa diubah sesuai kebijakan perusahaan Anda.

Terlebih perlunya mempertimbangkan perubahan peraturan, undang-undang ketenagakerjaan, dll. Bahkan, dalam peraturan UU yang sama pun, setiap perusahaan dapat mengatur kembali sistem gaji yang cocok dengan jenis bisnis.

Oleh karenanya, penting untuk memilih software yang dapat dikonfigurasi untuk kebutuhan penggajian Anda. Baik mengakomodasi jadwal penggajian yang berbeda, atau mendukung persyaratan pelaporan tertentu.

Software payroll yang fleksibel juga harus berkembang seiring waktu. Saat bisnis Anda tumbuh, ia tumbuh bersama Anda. Ketika kebutuhan Anda berubah, sistem ikut berubah dengan Anda.

3. Keamanan Detail Karyawan

Informasi penggajian adalah hal yang sensitif. Hal yang harus dijaga agar tetap aman untuk bisnis dan karyawan Anda. Menggunakan aplikasi payroll yang tepat, dapat memberikan bisnis keamanan ekstra. Aplikasi mampu mencegah kebocoran data, karena disimpan secara aman dengan akses terbatas. Penyedia yang baik pun akan menunjukkan integritas pengukuran keamanan aplikasi, jadi pastikan untuk bertanya.

4. Aksesibilitas yang Mudah

Departemen payroll dan HR cenderung bekerja sama. Karena sejatinya penggajian dan urusan administratif seperti absensi membutuhkan dokumen atau laporan yang saling berkaitan, memilih penyedia yang menawarkan sistem yang dapat dipakai untuk beberapa departemen begitu memudahkan operasional penggajian bisnis.

Mempermudah tugas administrasi harian. Baik bagi karyawan, staff payroll, staff HR, hingga staff finance. Segala hal yang berhubungan dengan gaji dapat diakses oleh siapapun yang berkepentingan. Sesuai peran dan tugas mereka dalam bisnis Anda.

5. Aplikasi Selalu Berkembang

Hal yang perlu Anda ketahui, tak semua aplikasi terus memperbarui atau memperbaiki diri agar melayani pengguna dengan lebih baik. Banyak diantara aplikasi yang selama beberapa waktu tak mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Entah karena fitur-fiturnya sudah usang atau bug yang tak terselesaikan.

Maka dari itu, ketika Anda akan gunakan aplikasi penggajian berbasis web, Anda harus memilih solusi penggajian yang memberikan peningkatan rutin yang memungkinkan bisnis untuk mendapatkan hasil maksimal dari software payroll tersebut. Aplikasi yang memastikan penggajian Anda berjalan sebaik mungkin. Baik sekarang atau di masa mendatang.

6. Dukungan Teknis & Layanan Pelanggan

Tidak peduli seberapa baik Anda mengetahui penggajian atau aplikasi payroll, akan ada waktunya ketika Anda membutuhkan beberapa bantuan. Baik itu layanan pelanggan atau dukungan teknis. Jadi, cari dukungan teknis dan layanan pelanggan yang cepat dan dapat diandalkan. Apalagi jika aplikasi dapat memberi informasi terbaru terkait aturan ketenagakerjaan, sungguh mempermudah format gaji di setiap bulan.

Dengan demikian, walau bisnis baru dimulai, aplikasi penggajian berbasis web tetap dibutuhkan. Penggajian yang dulunya sebagai tugas yang menegangkan dan memakan waktu, kini software payroll telah menjadikan proses perhitungan gaji yang jauh lebih sederhana untuk bisnis.

Ada juga banyak manfaat yang telah disebutkan sebelumnya. Saatnya melangkah lebih maju bersama Talenta, jadikan proses penggajian lebih efisien dan strategis. Buat Anda yang penasaran, Talenta pun memberikan demo gratis bagi setiap bisnis yang ingin mencoba aplikasi Talenta. Tunggu apalagi? Segera gunakan aplikasi penggajian karyawan berbasis web sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here