Podcast kini marak diperbincangkan di kalangan masyarakat, terutama penonton Youtube, bahkan di acara televisi juga banyak menjadi bagian acara yang tidak sedikit penontonnya.

Meski banyak yang menyukai podcast ini tapi masih ada yang belum tahu dan bertanya-tanya apa itu podcast, berikut saya akan bahas apa itu podcast dan cara memanfaatkan podcast untuk promosi bisnis itu seperti apa.

Mengenal Podcast

Ketika mendengar kata podcast mungkin terbesit di otak anda jika ini kurang lebih seperti radio, ya benar ini memang mirip seperti radio, hanya mirip tapi beda ya.

Podcast itu umumnya merupakan sebuah audio yang menjadi sumber pembelajaran yang bagus, tapi meski sekarang  banyak dalam bentuk video. Bahkan podcast dalam bentuk video ini sering menjadi trending topik di media sosial.

Untuk podcast ini, hampir sama seperti radio. Jadi untuk mendengarkannya, Anda bisa memilih topik seperti apa yang mau didengarkan. Untuk menemukan suatu topik dan channel podcast, Anda tinggal mencari di Google atau di YouTube.

Perkembangan podcast di Indonesia terbilang begitu pesat, 2-3 tahun yang lalu podcast ini sangat jarang sekali yang tahu tapi kini jadi tontonan yang banyak dicari orang, meski dulu podcast kebanyakan dalam bentuk audio tapi kini untuk di Indonesia lebih banyak ditemukan dalam bentuk video.

Untuk podcast itu sendiri terbagi menjadi 3 kategori, berikut saya sertakan 3 kategori podcast:

  • Interview Podcast

Interview podcast adalah jenis podcast yang di mana pembawa acara sebagai pewawancara bintang tamu atau narasumber yang berbeda di setiap episodenya.

  • Solo Podcast

Seperti Namanya solo podcast ini diperankan oleh satu orang yang biasanya podcast jenis ini bersifat monolog, jadi di podcast seperti ini lebih ke menyampaikan pendapat, tanya jawab atau sekedar share informasi terkini dengan pendengar atau penonton.

  • Multi Host Podcast

Di dalam multi host Podcast ini, Anda bisa menemukan 2 host atau lebih, podcast jenis ini menyuguhkan diskusi yang berisi pendapat serta perspektif yang berbeda. Ya karena pembawaannya yang dilakukan oleh banyak orang, podcast jenis ini cocok bagi kalian yang suka mendengarkan percakapan atau perdebatan.

Cara Memanfaatkan Podcast Untuk Promosi Bisnis

Karena podcast yang banyak penyukanya, mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa, akan jadi kesempatan emas bagi anda yang ingin menaikkan bisnis anda dengan cara podcast ini, berikut 5 cara memanfaatkan podcast untuk promosi bisnis.

  • Menyampaikan Pesan Dengan Efektif

Setiap bisnis memiliki sifat yang berbeda-beda, di samping itu audiens juga sangat beragam, ada yang lebih suka membaca, ada yang suka mendengar saja dan ada yang suka mendengar sambil menonton.

Alangkah lebih baiknya jika anda meraup semua audiens anda, dengan begitu podcast akan menjadi ladang naiknya bisnis anda jika podcast yang anda sampaikan bisa tepat sasaran, dan diterima dengan baik oleh pendengar yang telah anda targetkan.

Untuk pendengar podcast rata-rata kebanyakan dari usia 18 sampai 44 tahun. Memanfaatkan Podcast, memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan dengan efektif. Anda juga bisa membangun hubungan yang lebih personal dengan audiens. Dengan begitu, audiens akan memiliki keterikatan emosi dengan brand Anda.

  • Membuat Konten Yang Menarik

Membuat Podcast itu memang mudah, tapi sulit dalam mendapatkan audiens yang banyak. Tidak hanya itu, konten juga sangat mempengaruhi penargetan audiens. Jika Anda membuat Podcast yang membosankan, besar kemungkinan audiens yang Anda dapatkan hanya sedikit.

Dalam pembuatan konten, Anda harus tahu trend terkini apa saja yang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Kalau bisa, Anda yang harus menciptakan trend itu untuk menarik perhatian audiens atas produk atau brand Anda.

Apa pun bidang usahanya yang paling penting adalah bagaimana Anda menjalankannya, dan sejauh mana usaha Anda dalam mengambangkannya. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan salah satu digital marketing agency Indonesia. Dengan bekerja sama, mereka akan sangat membantu Anda dalam menerapkan strategi promosi di dunia digital yang tepat sasaran.

  • Judul Konten¬†

Selain konten yang menarik adalah penentuan judul yang tepat sasaran, meski konten Anda menarik, tapi judul yang Anda sertakan tampak biasa saja dan tidak mengundang perhatian, maka audiens akan malas berkunjung ke channel Anda. 

Antara konten dan judul saling memiliki ketertarikan. Jadi, judul merupakan aspek yang penting dalam sebuah podcast promosi.

  • Menyajikan Podcast Informatif

Selain ke tiga faktor di atas dalam memanfaatkan podcast sebagai promosi Anda harus membawakan podcast yang informatif, di mana apa yang Anda bawakan bisa memberikan banyak manfaat bagi pendengar atau penonton.

Untuk tema podcast itu sangat banyak dan pastinya dengan jumlah peminat yang beragam di setiap temanya. Salah satu tema yang paling banyak dicari dan isinya cukup informatif, misalnya 3 pilihan Podcast inspiratif bisnis atau cara promosi melalui Podcast.

Jenis-Jenis Topik Podcast

Berikut beberapa tema yang sering dibawakan dalam podcast.

  • Pengetahuan atau Edukasi

Untuk bidang pengenalan brand bisnis, Anda bisa menggunakan tema ini, selain tema ini memberikan manfaat dalam hal pengetahuan, tema ini juga umum dicari banyak kalangan dan lebih mudah dalam mengenalkan brand Anda melalui topik pengetahuan atau edukasi ini.

  • Seni Dan Hiburan

Konten ini merupakan konten yang banyak peminatnya karena kebanyakan orang menyukai seni dan menggunakan waktu luangnya untuk hiburan, di tengah penatnya pekerjaan serta sekolah membuat konten ini banyak ditonton kalangan dewasa dan anak-anak.

  • Musik

Untuk jenis topik ini sangat cocok bagi Anda pecinta musik yang ingin mengenal lebih banyak lagi mengenai musik. Ya, pastinya tema ini juga tidak kalah banyak dari segi pendengar yang menyukai tema seni dan hiburan.

Demikian informasi mengenai apa itu podcast dan cara memanfaatkan Podcast untuk promosi bisnis. Intinya, bagi Anda yang ingin mengenalkan brand bisnis melalui Podcast, Anda harus konsisten dan mengenal target pasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here