Mengenal NAS dan Manfaatnya

0
4012
teknologi NAS, apa itu NAS?

Kita sudah memasuki tahun 2021 dengan era revolusi 4.0 dan menuju society 5.0, semua jenis usaha tidak bisa asal melangkah dalam menerapkan strategi agar lebih unggul ketimbang kompetitor Anda. Bahkan harus bisa berdaya saing secara global karena perubahan bisnis saat ini begitu dinamis.

Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, dunia bisnis apapun pasti juga mengalami hambatan. Agar perusahaan tetap jalan tentu butuh strategi dalam segala aspek dan divisi. Salah satu aspek yang menjadi sorotan adalah keamanan data dan penyimpanannya.

Era digital yang terus berkembang karena pergerakan teknologi yang tak lagi bisa terbendung bergerak sangat cepat. Begitu pula dalam dunia penyimpanan data dan back-up data mengalami kemajuan yang signifikan. Penyimpanan data secara lokal melalui piringan hard disk sudah mulai ditinggalkan dan digantikan oleh NAS.

Mengenal NAS

Apa itu NAS? NAS adalah singkatan dari Network Attached Storage yang berarti sebuah piranti penyimpanan data dengan sistem operasi khusus yang melayani kebutuhan back-up data. Tak hanya back-up data saja, namun juga layanan berbagi data atau share data.

Layanan NAS bisa diakses melalui jaringan dengan protokol TCP/IP. Layanan ini dibekali dengan set-set hard disk dengan software khusus untuk pengelolaan data, aplikasi yang bekerja melindungi dan membagikan data hanya kepada yang berhak atau mempunyai akses atas data tersebut.

Manfaat NAS

Keuntungan menggunakan Network Attached Storage (NAS) salah satunya adalah kemudahan dalam mengakses dan back-up data. Sistem server NAS yang terhubung dalam jaringan khusus seperti hub, switch, atau router yang tersinkronisasi pada jaringan internet akan dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Pengguna Network Attached Storage akan mendapatkan keamanan data yang berlapis karena NAS memiliki penyimpanan dengan sistem berlapis menggunakan teknologi RAID 0 hingga RAID 10. Kemanan data yang berlapis ini akan membuat data Anda aman.

Manfaat lain yang sudah disebutkan di atas, antara lain:

  1. Lebih cepat akses ke data yang tersimpan melalui Local Area Network atau Internet Network.
  2. Biaya yang terjangkau dan perawatan yang murah dan mudah
  3. Tersedia pilihan software Open Source
  4. Penyimpanan file-file secara umum (general storage)
  5. Penyimpanan database
  6. Penyimpanan data multimedia

Mengenal dan memahami manfaat NAS

Dengan menggunakan NAS, data penting Anda akan super aman. Cara mudah mengamankan data ini sangat penting untuk data-data perusahaan atau usaha bisnis dalam tahap berkembang.

Menyimpan data secara manual atau lokal memang tidak ada salahnya, namun pastikan data-data Anda aman. Penting juga untuk mem-backup data Anda pada jenis-jenis storage lain, seperti NAS. NAS yang merupakan penyimpanan modern andal ini patut menjadi perhatian khusus.

Dengan menggunakan NAS, Anda hanya perlu membayar satu kali saja untuk jasa sewa hardware dan software-nya. Akses berbagi dan sinkronisasi yang baik akan memudahkan Anda mengakses data-data penting Anda, apalagi data ini juga bisa Anda bagi pada tim kerja Anda.

Privasi keamanan data NAS sepenuhnya Anda yang kelola. Anda pun dapat mengelola berbagi data dengan skala kecil atau besar, menyesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing pengguna.

Memilih NAS untuk Kebutuhan Penyimpanan Data

Kebutuhan penyimpanan data setiap individu dan perusahaan memang berbeda-beda. Apabila Anda menginginkan data penting yang Anda punya dapat terus diakses hingga 3 sampai dengan 5 tahun ke depan, menggunakan NAS sebagai wadah penyimpanan data adalah langkah yang tepat.

Perlindungan yang seperti apa yang Anda inginkan untuk keamanan data Anda? Bila Anda menginginkan proteksi data yang baik, menggunakan layanan NAS ini adalah pilihan yang tepat bagi penyimpanan data Anda.

Synology sebagai Penyedia Layanan NAS

Penyedia solusi untuk menggunakan layanan NAS yang sudah terkenal adalah Synology. Kenapa Synology? Karena Synology sudah berpengalaman dalam mengelola data penyimpanan on-premise yang bersifat seperti cloud pribadi..

Misi dari Synology adalah mengelola dan melindungi data dunia. Synology secara unik memungkinkan setiap bisnis untuk mengelola, mengamankan, dan melindungi data mereka di mana pun diperlukan, akses ke beberapa arsitektur cloud untuk mengakomodasi pertumbuhan data eksponensial dunia digital.

Synology sudah terpercaya pada industri IT dan sudah dipakai lebih dari enam juta pelanggan yang tersebar di seluruh dunia. Synology berkomitmen untuk mengubah cara mengelola data secara sederhana, elegan, aman, dan andal.

Pilihan Paket Synology

  • NAS untuk Rumahan

Synology menyediakan berbagai layanan yang dapat menghemat waktu. Cukup menggunakan ID QuickConnect, yang memungkinkan akses praktis ke NAS Anda dan membebaskan Anda dari pengaturan router yang rumit.

Interface pengguna yang intuitif dan tutorial yang komprehensif juga membantu Anda mengelola NAS dengan mudah. Ketika data disk Anda penuh, layanan lain mengharuskan upgrade paket penyimpanan.

Bila Anda menggunakan Synology, layanan NAS untuk Rumahan menyediakan ruang penyimpanan yang jauh lebih besar tanpa biaya berlangganan bulanan.

Hanya dengan membagikan ruang penyimpanannya dengan anggota keluarga Anda, Anda sudah mempunyai sebuah investasi kecil yang akan menguntungkan seluruh anggota rumah Anda.

NAS cocok untuk rumahan hingga perusahaan besar

  • NAS untuk Bisnis

Penggunaan NAS yang mudah dengan biaya kepemilikannya yang rendah dapat bisnis Anda miliki, Synology NAS mudah dioperasikan dan tidak membutuhkan profesional IT khusus dalam instalasi atau pengelolaan.

NAS untuk Bisnis dapat dikonfigurasikan dan dipantau melalui brower web apa pun, bahkan melalui aplikasi seluler.

Layanan lain mengharuskan membayar lisensi akses klien. Synology NAS tidak mengenakan biaya lisensi akses klien atau biaya berlangganan bulanan dan menyediakan ruang penyimpanan yang jauh lebih besar, selain itu layanannya dapat ditingkatkan untuk pengembangan lebih lanjut.

Kesimpulan

Kebanyakan orang menyimpan file dalam server atau PC secara lokal, bisa juga menggunakan hard disk eksternal, namun solusi ini tidak dapat memenuhi kebutuhan untuk backup ataupun kolaborasi dengan personal lain.

Penyimpanan cloud publik memiliki celah keamanan data privasi dan biaya berlangganan yang mahal. Synology NAS dapat mempermudah pekerjaan Anda dan menyelesaikan seluruh masalah di atas.

Yang tidak kalah pentingnya, Synology NAS mudah digunakan dan hemat biaya. Anda bisa mempelajari atau langsung membeli layanan Synology NAS sekarang juga pada website resminya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini