5 Tips Hemat Kuota Internet

0
1179

Kuota internet merupakan “nyawa” bagi sebagian besar smartphone, karena bagi pengguna ponsel pintar merupakan kebutuhan primer yang setiap bulannya harus dibeli agar kita bisa selalu update. Ketika kegiatan berinternet semakin tinggi dengan munculnya berbagai aplikasi, game, platform media sosial, kebutuhan kuota pun menjadi semakin meninggi. Apalagi jika kita gunakan untuk menonton video di platform youtube, dibutuhkan kuota internet yang besar tentunya

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan kuota internet agar lebih hemat :

Menghemat Kuota Dengan Aplikasi Maps

menggunakan aplikasi Maps ini banyak menyita kuota internet. Aplikasi Maps akan semakin banyak menguras kuota jika kamu memakai layanan built-in, navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic dengan real time, dan melihat map dengan mode satelit.

Kalau ingin mengatasi kebocoran kuota akibat aplikasi Maps, kamu harus mengubah pengaturan Maps dari online ke mode offline. Untuk OS Android, kamu bisa membuat pengaturan tersebut di Search Bar di atas aplikasi Maps. Untuk OS iOs, kamu bisa membuat pengaturan tersebut di Settings, kemudian tap Privacy, kemudian matikan pilihan Location Services. Jika nanti kamu ingin memakai lagi layanan Maps, kamu cukup mengaktifkan lagi pilihan yang sebelumnya kamu ubah menjadi ‘off’.

Menggunakan Browser Yang Lebih Efisien

Pilihan browser yang kamu gunakan juga ternyata berpengaruh pada kuotamu, lho. Ada yang menganggap bahwa browser default dan browser bawaan smartphone kurang efektif untuk urusan kuota internet. Untuk mensiasati kebocoran kuota akibat browser yang tidak efisien, kamu bisa menginstall browser yang lebih efesien seperti Opera Mini. Browser yang satu ini memang sudah dipercaya bisa menghemat kuotamu saat menjelajah dunia maya sebab ia mengompres website yang dikunjungi.

Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi

Ada banyak aplikasi di ponsel yang melakukan sinkronisasi meskipun aplikasi tersebut sedang tidak digunakan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mematikan sinkronisasi otomatis tersebut pada beberapa aplikasi yang jarang kamu gunakan.

Untuk OS Android, masuk ke Settings > Account > pilih aplikasi yang tidak ingin disinkronisasi. Untuk iOs, buka Settings > General > Nonaktifkan background app refresh.

Gunakan Aplikasi Hemat Data

Aplikasi media sosial bisa menjadi salah satu sumber utama kuotamu cepat terkuras habis. Oleh sebab itu, cobalah beralih ke aplikasi media sosial yang lebih hemat data atau lebih ringan. Misal, Twitter Lite, Line Lite, YouTube Go, Instagram Lite, Facebook Lite, dan sebagainya.

Hanya Perbarui Aplikasi Jika Terhubung Wi-Fi

Terakhir, tips ampuh menghemat kuota internet adalah membatasi perbaruan aplikasi. Terkadang, beberapa aplikasi yang membutuhkan pembaruan akan secara otomatis terbarui menggunakan kuota internet yang kita miliki.

Untuk mengatasi hal ini, kamu harus mengubah aturan update aplikasi dengan cara hanya saat perangkat ponselmu terhubung dengan Wi-Fi. Untuk Android, menu Settings > Auto-update apps > Auto-update Apps over Wi-Fi Only. Untuk iOs, Settings > iTunes & App Stores > nonaktifkan Use Cellular Data

yang lebih penting untuk menghemat penggunaan kuota internet adalah bijaklah dalam berselancar di dunia maya menggunakan internet dan gunakanlah internet secara positif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini