Tantangan Bisnis Jualan Online

0
1932
Tantangan Bisnis Jualan Online

Seperti halnya bisnis atau bentuk bisnis lainnya, bisnis jualan online memang menjanjikan banyak keuntungan dan keuntungan memiliki tantangan tersendiri.

Informasi ini bukan untuk menahan Anda dan berpikir bahwa menjalankan bisnis jualan online adalah hal yang sulit untuk dilakukan, tetapi lebih baik lagi jika Anda menyadari bahwa kerja cerdas dan kerja keras tetap diperlukan.

Tantangan Peluang Usaha Jualan Online

  1. Ketatnya Persaingan

Seperti yang telah disebutkan di atas, persaingan antar kompetitor dalam bisnis online sangatlah ketat. Apalagi jika ternyata Anda menjual produk yang juga banyak ditawarkan oleh penjual lain. Misalnya, pencarian “kabel USB” di search engine menghasilkan 1,9 juta produk.

Oleh karena itu, jika Anda ingin untung, Anda juga perlu inovasi dan kreativitas. Hanya memasang produk dan menunggu pesanan datang tidak akan menguntungkan bisnis Anda. Anda harus menawarkan nilai tambah yang unik dan ramah konsumen, seperti layanan yang ramah, hadiah gratis, atau pengiriman cepat.

  1. Serangan Cybercrime

Inilah yang ditakuti para pebisnis online. Maraknya cybercrime atau kejahatan dunia maya masih mengintai. Kejahatan online ini bermacam-macam bentuknya, mulai dari pembeli palsu (yakni orang yang memang berniat menipu), hacker yang suka mengacau website, hingga membocorkan data penjual dan pembeli di marketplace.

Agar bisnis online Anda tidak menghadapi situasi serupa, yang terbaik adalah menggunakan kata sandi dan perlindungan berlapis seperti 2FA pada akun bisnis Anda.

  1. Selalu Uptodate dengan perkembangan teknologi

Teknologi dan internet selalu berkembang dengan kecepatan yang relatif cepat, jika Anda tidak dapat mengikuti dan beradaptasi dengan ini, maka Anda dan bisnis Anda akan tertinggal. Oleh karena itu, diperlukan kemauan untuk terus belajar tentang teknologi dan bisnis online secara rutin.

Tips Memulai Bisnis dan Cara Jualan Online

Meski cara memulai bisnis jualan online di Evermos itu mudah, bahkan bisa menjadi peluang usaha rumahan di desa, ada beberapa hal yang masih perlu Anda persiapkan. Secara teknis, persiapannya tidak jauh berbeda dengan bisnis offline atau cara tradisional.

  • Melihat Peluang dengan Jelas

Tidak semua orang melihat peluang dengan cermat. Ini adalah langkah pertama yang harus Anda ambil jika ingin menjadi pengusaha sukses. Terbuka terhadap segala kemungkinan, karena peluang bisnis cara jualan online tanpa modal ini bisa datang dari mana saja.

  • Pahami Kebutuhan Pasar

Anda dapat melakukannya melalui riset pasar. Anda tidak hanya memiliki akses langsung ke komunitas, tetapi Anda juga dapat melakukan riset pasar secara online. Gunakan pencarian trending di media sosial dengan mencoba beberapa kata kunci. Dengan memahami permintaan pasar, Anda akan lebih mudah menentukan konsep bisnis online seperti apa yang akan Anda mulai dan produk apa yang akan Anda tawarkan.

Tips Tantangan Bisnis Jualan Online

  • Kenali Pesaing Anda

Melakukan analisis pesaing awal atau riset pesaing akan mempersiapkan Anda menghadapi persaingan bisnis. Yang perlu Anda ketahui termasuk meneliti kekuatan pesaing Anda, memahami bagaimana mereka melayani konsumen melalui situs web atau akun media sosial mereka, bagaimana mereka membangun bisnis online mereka, berapa biaya yang mereka kenakan, dan promosi apa yang mereka tawarkan.

  • Identifikasi Pasar Sasaran Anda

Pasar sasaran adalah sekelompok orang dengan karakteristik serupa yang kemungkinan besar akan membeli produk Anda. Setiap bisnis memiliki pasarnya sendiri, tetapi jika Anda dapat mengidentifikasi target pasar Anda sejak awal, penawaran Anda akan lebih tepat sasaran.

  • Menyiapkan Model Bisnis

Setelah beberapa hal di atas sudah Anda lakukan, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis online adalah membangun model bisnis. Model bisnis di sini berarti platform apa yang akan Anda gunakan dalam bisnis Anda. Dengan membuat website khusus, melalui akun media sosial di beberapa platform sekaligus, atau dari satu marketplace? Atau bahkan semuanya?

Cara Memulai Jualan Online Tanpa Modal

Cara memulai bisnis jualan online tanpa modal mungkin salah satu solusi terbaik bagi Anda yang ingin memulai bisnis atau berharap sebagai peluang usaha untuk penghidupan keluarga Anda, namun tidak memiliki modal atau dana yang banyak untuk persiapan suatu usaha.

Saat ini, hal tersebut dapat diatasi dengan adanya metode bisnis sebagai penjual langsung atau reseller. Dengan menjadi dropshipper atau reseller, yang Anda butuhkan hanyalah kemauan untuk terus mengunggah produk dan promosi. Menjadi dropshipper atau reseller adalah jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya. Anda bisa mencoba peluang usaha rumahan Evermos.

Selain itu dibutuhkan keuletan menjadi penghubung antara penjual dan pembeli, dan tentunya koneksi internet yang stabil.

Cari Produk Menarik

Langkah pertama dalam bisnis jualan online tanpa modal adalah dengan mencari dan mengetahui produk mana yang menarik dan disukai oleh marketplace. Produk yang menarik akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Ada banyak keuntungan jualan online di marketpalce, seperti jualan online di platform online.

Setelah Anda menemukan produk, teliti dan pahami spesifikasi produk dengan cermat. Dengan cara ini, ketika pelanggan mengajukan pertanyaan, Anda dapat dengan mudah menjawabnya. Jika bisa memberikan jawaban yang memuaskan, konsumen akan lebih puas dengan pelayanannya.

Pilih Penjual yang Terpercaya

Selanjutnya, temukan produsen atau penjual tangan pertama yang tepercaya untuk menjadi mitra bisnis. Pastikan mereka menghasilkan produk yang berkualitas baik dan dapat diajak berkomunikasi dengan baik. 

Jangan salah paham dropshippers dan produsen karena kurangnya komunikasi. Buat kesepakatan yang baik dan profesional untuk keuntungan, pengembalian uang, dan bahkan pengiriman barang.

Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Rapi

Langkah terakhir namun sangat penting dalam memulai bisnis online tanpa modal adalah mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Seorang dropshipper atau reseller juga harus memiliki strategi pemasaran yang ringkas agar produknya mendapat perhatian konsumen.

Tetapkan harga sesuai kesepakatan dengan produsen, pasang promosi menarik, bisa tawarkan potongan harga, asalkan perhitungannya jelas. Jangan sampai didiskon atau didiskon hanya karena mau, sebenarnya Anda merugi.

Contoh Bisnis Online yang Menjanjikan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam definisi bisnis online, ada banyak bentuk bisnis online yang bisa Anda coba. Namun, tidak semuanya termasuk dalam bisnis online yang menjanjikan.Contoh bisnis yang menjanjikan keuntungan adalah bisnis yang menawarkan produk atau jasa yang tidak tahu kapan, dengan kata lain, evergreen. Produk atau jasa tersebut tidak hanya dibutuhkan oleh pasar pada waktu-waktu tertentu saja.

Beberapa contoh bisnis online yang menjanjikan dan menjadi peluang usaha rumahan di desa, antara lain:

  • Bisnis katering
  • Kafe
  • Laundry

Selain itu, bisnis yang menjanjikan keuntungan juga dapat dari bisnis yang sudah anda kenal tanpa modal, seperti:

  • Distributor Alat
  • Distributor Kosmetik
  • Copywriting
  • Kursus Online
  • Affiliate Marketing

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini