Sinergi Kalbis Institute Dan Industri Melalui Program 3U1I

0
903
Talkshow Industrial Gathering Kalbis Institute 2020 )foto koleksi Syaifuddin)
Talk Show Industrial Gathering (foto Syaifuddin)

SINYALPEDIA, Jakarta – Yayasan Pendidikan KALBE, melalui KALBIS Institute semakin menguatkan posisinya sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan untuk kehidupan yang lebih baik. Komitmen KALBIS Institute dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang lebih baik bagi generasi muda diwujudkan dengan peluncuran program 3U1I.

3U1I atau 3 Years in University, 1 Year in Industry merupakan Program Kalbis Institute yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan KALBIS Institute yang siap terap dan dapat berkompetisi secara global. Lulusan siap terap tidak hanya mendapatkan ilmu dari proses belajar mengajar di dalam kelas tetapi juga bisa belajar atau terjun langsung ke dalam industry terkait. Bentuk dukungan KALBIS Institute terhadap program ini juga dengan bekerja sama dengan industri pendukung terkait.

Penandatanganan MOU
Penanda tanganan MOU Kalbis Institute dengan pelaku industri. (foto Syaifuddin)

Program 3U1I dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa KALBIS Institute yang memenuhi persyaratan. Industri yang bekerja sama akan menyampaikan lowongan magang yang tersedia. Kemudian, mahasiswa bisa mengajukan lamaran berdasarkan lowongan yang tersedia. Proses seleksi akan dilakukan oleh industri dan proses penempatan mahasiswa di industri dilakukan oleh KALBIS Institute. Dalam program ini mahasiswa mendapatkan bimbingan dari dosen KALBIS Institute.

Peluncuran program ini digelar pada Kamis, 16 Januari 2019 di kampus KALBIS Institute di kawasan Pulomas Selatan Jakarta Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain mahasiswa, orang tua mahasiswa, alumni, pemerintah, asosiasi pendidikan, pelaku industri diantaranya Pharos, MNC, Bintang Toedjoe, Nutrifood, BCA dan 35 perusahaan lainnya.

Acara Launching Program 3U1I ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara Kalbis Institute dengan perusahaan yang bekerja sama dalam program ini. Mereka diwakili 6 perusahaan, diantaranya Vinotti Living, PT.Pharos Indonesia, MNC Radio Networks, Bintang Toedjoeh, Apple Developer, dan PT. MAP AKtif Adhiperkasa.

Suasana kopers )foto Syaifuddin)

Rektor KALBIS Institute, Ir. Sablin Yusuf MSc., MCompSc. menerangkan bahwa para mahasiswa memiliki kesempatan untuk praktik kerja di berbagai perusahaan untuk meningkatkan keterampilan hardskill dan softskill yang sangat berguna ketika lulus nantinya. “Program ini akan  memperkaya upaya Kalbis Institute dalam rangka melengkapi kompetensi lulusan selain menanamkan nilai-nilai: Jujur, Adil, Konsisten, Bertanggung jawab dan Peduli pada para mahasiswanya,” tegas Sablin Yusuf.

Pemimpin Redaksi MNC Radio Network, Gaib Maruto Sigit, menyambut baik program 3U1I dari Kalbis Institute. Menurut Gaib, dunia industri pasti sangat diuntungkan dengan adanya program terobosan dari Kalbis Institute ini. “Selama ini program magang dari kampus ke industri paling lama sekitar 3 bulanan saja. Dan menurut saya mahasiswa belum mendapatkan banyak hal dari proses magang seperti itu. Dengan masa magang selama satu tahun diharapkan mahasiswa akan makin memahami gambaran pekerjaan di bidang yang ia akan tuju,” tambah Gaib.

Selama ini konsep magang di industri yang diterapkan di Kalbis Institute berlangsung selama 3 bulanan. Hasil magang dengan sistem ini saja sudah mampu menyerap para lulusan Kalbis Institute ke berbagai bidang industri. Diharapkan melalui program magang selama satu tahun akan makin banyak lulusan Kalbis Institute lainnya yang diserap oleh dunia industri di tanah air.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini