Pelatihan PACT Lahirkan Teknisi Standar Industri

0
1202

Panasonic Air Conditioner Technical Competition and Certification bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, profesionalisme serta menciptakan para teknisi Indonesia yang mandiri dan sesuai dengan standar industri.

Menurut, Selviah Baladraf, Manager Service Department Panasonic Gobel Indonesia bahwa pada tahun kedua penyelenggaraan Air Conditioner Technical Competition and Certification, Panasonic telah menyeleksi sekitar 5.000 peserta training AC sepanjang April hingga Desember 2018 yang terdiri dari 19 Cabang dari seluruh Indonesia. Sebanyak 40 peserta terbaik dari masing-masing area akan menjadi peserta kompetisi di Jakarta.

“Para peserta ini kemudian akan dinilai oleh LSP – EI Yayasan Matsushita Gobel dibawah pengawasan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Seluruh peserta yang terpilih akan mendapatkan sertifikat kompetensi profesi bagi tenaga kerja yang dikeluarkan BNSP dan bagi pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah Rp. 6,5 Juta dan peralatan Instalasi / Repair AC.” kata Selviah Baladraf.

Sementara itu, Heribertus Ronny, Assistant General Manager Air Conditioner PT Panasonic Gobel Indonesia menekankan bahwa pelatihan PACT merupakan aksi nyata dari prinsip Perusahaan Panasonic Gobel Indonesia yaitu utamakan berbakti pada negara melalui industri, utamakan kerjasama dengan keselarasan, dan utamakan menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman.

“Pelatihan PACT Center sudah dilakukan di 7 kota dengan kurikulum yang disesuaikan dengan standar industri merupakan bentuk nyata tentang konsistensi kepedulian kami terhadap pengembangan kualitas hidup di Indonesia. Melalui pelatihan PACT ini, kami berharap kualitas sumber daya teknisi Indonesia akan semakin bersaing dengan teknisi lain di luar negeri. Kami juga berupaya untuk terus mendukung peningkatan kualitas pendidikan masyarakat Indonesia dengan secara rutin mendukung Sekolah Kejuruan teknisi Refrigerasi dalam hal instalasi dan perbaikan AC,” kata Heribertus Ronny.

Panasonic terus berkembang dan menunjukkan kemajuan dengan adanya TUK PGI Service. TUK PGI Service ini adalah Organisasi Tempat Uji Kompetensi yang berada dalam Departemen Customer Service PT Panasonic Gobel Indonesia. Organisasi tersebut didirikan pada tanggal 21 Januari 2019, di 19 cabang service seluruh Indonesia. TUK PGI Service memiliki konsep untuk menguji kompetensi yang dilihat dari Skema Sertifikasi TUK, Operating Brazing, Teknisi Instalasi AC, dan Teknisi Repair & Trouble shooting AC.

Amin
amin.sinyalpedia@gmail.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini