Documentary Expo Kalbis Institute Pilih 10 Film Terbaik

0
332
Poster Peserta DocX Kalbis Institute 2020

SINYALPEDIA, Jakarta – Ajang kreativitas di bidang film dokumenter “Documentary Expo 2020” yang digelar Prodi Ilmu Komunikasi Kalbis Institute sudah memasuki tahap akhir. Setelah seleksi akhir dihasilkan 10 besar karya terbaik. 9 film dokumenter diantaranya adalah karya sineas muda berbagai kampus di tanah air dan satu karya datang dari negeri jiran, Malaysia.

Ke-10 karya tersebut yakni Lenggok Bercerita (Kalbis Institute), Celah Celah Langit (Telkom University), Terbatas (Kalbis Institute), Niscala (Universitas BSI), Ramu (Kalbis Institute), Inside Randang (Kalbis Institute), Muludan (Kalbis Institute), Wave of Saviour (Telkom University), serta satu karya dari Malaysia dengan judul Typical City of Asia (Management and Science University).

Menurut pembina DocX, Dyah Kusumawati, ajang kompetisi film dokumenter DocX kali ini sedikit berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya.  Tahun ini kompetisi diikuti 29 film dokumenter dari berbagai kampus di tanah air seperti Universitas DIponegoro, Telkom University, Universitas BSI, Kalbis Institute serta 4 kampus dari Malaysia. Dan lomba film dokumenter DocX kali ini mengusung tema “Diversity of Asian”.

“DocX awalnya adalah kompetisi film dokumenter internal bagi mahasiswa broadcasting Kalbis Institute dan  digelar sejak tahun 2017. Setelah itu penyelenggaraan diperluas dengan mengundang sineas dari sejumlah kampus di berbagai kota di Indonesia. Dan  tahun ini panitia memperluas lagi cakupan lombanya ke tingkat Asia Tenggara dengan mitra dari kampus Universiti Utara Malaysia,” ujar Dyah Kusumawati.

Bagi penyelenggara, ajang ini sendiri bukan semata kompetisi yang mencari juara saja. Namun lebih dari itu. Ajang ini diharapkan jadi media belajar bagi insan komunikasi dari berbagai kampus, menempa dan mengukur diri bersama, sebelum nantinya bertarung di ladang kreatif  sesungguhnya.

Setelah penetapan 10 besar, panitia akan memberi kesempatan pada para finalis dan penikmat film documenter menyaksikan jajaran film documenter yang masuk ajang ini dalam Screening Day DocX yang digelar Kamis (9 Januari 2020). Sementara pengumuman pemenang bakal dilakukan dalam malam Awarding hari Sabtu (11/1) di Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here